Teknik Scalping Menggunakan Indikator Custom Stochastic

teknik scalping custom stochastic

Panduanscalping.com – Kali ini saya akan berbagi sebuah teknik scalping yang cukup keren, yaitu dengan menggunakan Custom Stochastic.

Eitss... jangan skeptis dulu, stochastic yang akan kita gunakan bukan seperti stochastic yang ada pada MT4, melainkan yang akan kita gunakan ialah stochastic ‘Custom’. Karena ini adalah indikator custom, tentu ada perbedaan aturan dalam penggunaanya.

Indikator stochastic adalah indikator yang berfungsi untuk mengenali level jenuh tertinggi (Overbought) dan level jenuh terendah (Oversold).

Dalam aturan jual beli, harga akan turun jika sudah terlalu tinggi. Sebaliknya harga akan naik jika harga terlalu rendah. Level tertinggi atau terendah inilah yang disebut dengan ‘kejenuhan harga’.

Lalu pertanyaanya adalah, bagaimana cara untuk mengetahui level jenuh ini?

Sebenernya ada banyak jenis indikator yang bisa kita gunakan, salah satunya yaitu stochastic. Indikator stochastic sudah ada di MT4, jika anda menginginkan yang versi bawaan anda bisa menggunakannya.

Namun kali ini, stochastic yang kita gunakan adalah yang bertipe ‘Custom’, artinya bukan stochastic original dan sudah dimodifikasi.

TEKNIK SCALPING CUSTOM STOCHASTIC TF M5 DAN TF M15


Teknik yang akan kita gunakan kali ini termasuk Counter – Trend, alias berlawanan dengan arah trend.

Dalam menggunakan stochastic, ada 2 POIN yang harus anda perhatikan, yaitu level overbought dan level oversold. Di level level itulah kita akan melakukan entry.

Jadi saya ulang sekali lagi, kita melakukan entry hanya di level overbouhgt atau di level Oversold saja.

OVERBOUGHT

Overbought merupakan level jenuh tertinggi. Artinya di level ini kita dapat melukan OP Sell. Overbought ditandai dengan line stochastic yang berada di level 0.75.

OVERSOLD

Oversold merupakan level jenuh terendah. Artinya di level ini kita dapat melukan OP Buy. Oversold ditandai dengan line stochastic yang berada di level -0.75.

Untuk lebih jelasnya coba anda perhatikan gambar screenshot berikut ini...

stochastic oversold

Untuk setting nya, biarkan saja default. Untuk hasil terbaik, anda bisa menggunakan nya di TF M5 atau M15. Untuk link download indikator nya ada di akhir dari postingan artikel ini.

PERLU DIINGAT !
Ketika stochastic mencapai level Overbought, anda tidak boleh langsung Sell. Ketika stochastic mencapai level Oversold, anda tidak boleh langsung Buy. Namun ada rule / aturan tersendiri untuk Open posisi, dimana anda juga harus memperhatikan ujung Line dari stochastic tersebut.

RULE OP BUY
  • OP Buy dilakukan ketika stochastic berada di level Oversold (-0.75)
  • Tunggu hingga ujung stochastic line sudah mengarah keatas. 
  • Target TP secukupnya, dan SL letakkan dibawah candle terakhir. 

entry buy stochastic

RULE OP SELL
  • OP Sell dilakukan ketika stochastic berada di level Overbought (0.75)
  • Tunggu hingga ujung stochastic line sudah mengarah kebawah. 
  • Target TP secukupnya, dan SL letakkan diatas candle terakhir. 

open posisi sell stochastic

Bagaimana, cukup mudah bukan?

Download Indikator Custom Stochastic

Baik itulah teknik scalping menggunakan custom stochastic yang bisa anda coba. Anda dapat melakukan uji coba sendiri guna mendapatkan pola terbaik. Anda dapat melakukan eksplorasi sendiri dengan cara merubah settingan dan input sesuai selera anda masing – masing.

Coba juga: Teknik Scalping TF M5 Menggunakan Automated Line Arrow

Salam Profit Konsisten 😊

Kurniawan Trader

Saya adalah Full-Time Trader. Saya telah menggeluti Trading Forex lebih dari 4 tahun. Saat ini saya menggunakan teknik Scalping sebagai metode trading saya.

Tulis pertanyaan / kritik / saran anda disini..
EmoticonEmoticon